PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Oleh : Femilia Widiantari

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi kita terutama bagi anak-anak yang masih dalam dunia pendidikan, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik, bijaksana, jujur, bertanggung jawab dan bisa menghormati orang lain. Sebagaimana yang kita ketahui, karakter bangsa ini tengah terdegredasi. Seperti ditandai dengan tawuran antar pelajar, antar mahasiswa dan antar warga. Prakterk plagiat atas hak cipta, perjokian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), perjokian ujian nasional (UNAS), ketidakjujuran dalam UN juga sering kerap sering terjadi. Selain itu praktek korupsi yang sedang mewarnai kehidupan kenegeraan. Semua itu hanya sekian dari contoh “amburadulnya” moralitas dan karakter bangsa pada saat ini.

Pendidikan hadir sebagai solusi problem moralitas dan karakter itu. Meskipun bukan sebagai sesuatu yang baru, pendidikan karakterter cukup menjadi semacam “greget” bagi dunia pendidikan pada khususnya untuk membenahi moralitas generasi muda. Peran pendidikan jelas merupakan hal signifikan dan sentral karena pendidikan memberikan pembukaan dan perluasan pengetahuan sehingga bangsa ini betul-betul “melek” terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan dihadirkan untuk mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang berdadap dan berbudaya.

Pendidikan karakter disekolah dapat diintegarasikan dalam program pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran perlu dikembangkan, dilaksanakan dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, melalui program kurikulum, kultur sekolah, pembelajaran, penilaian, dan tata tertib sekolah. Selain itu juga kegiatan ekstrakulikuler yang selama ini diselenggarakan disekolah merupakan salah satu media yang potensial untuk membentuk karakter dan peningkatan mutu akademik siswa sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka agar dapat mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab, serta potensi dan prestasi siswa.

Usia Kelompok Bermain, TK, SD, SMP dan SMA adalah masa dominan dalam pembentukan karakter dan kepribadian karena pada usia ini anak memiliki kecenderungan untuk mengikuti perilaku disekitarnya, pengambilan pola perilaku dan nilai-nilai baru, serta tumbuhya idelisme untuk pemantapan identitas diri, maka jika ditanamkan nilai-nilai moralitas yang terangkum dalam pendidikan karakter secara sempurna akan menjadi dasar sekaligus warna kepribadian siswa ketika dewasa kelak.

Ada kabar yang sangat menarik bahwa sejak dahulu telah hadir di daerah Bekasi sekolah yang menerapkan pendidikan karakter pada setiap pembelajarannya yaitu Sekolah Nasional Satu (Nassa School) hadir sebagai sebuah institusi pendidikan mulai dari jenjang Kelompok Bermain, TK, SD, SMP dan SMA yang memiliki tanggung jawab melalui pendidikan karakter yang diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Sebagai perwujudannya Sekolah Nasional Satu (Nassa School) memahami bahwa setiap siswa memiliki kemampuan, batasan dan kebutuhan yang berbeda. Nassa School berkiprah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memberdayakan seluruh kecerdasan manusia, meliputi: Intelktual (IQ), Spritual (SQ), emosional (EQ) dan kemampuan untuk menghadapi kesulitan (adversity Question) dengan menerapkan target pengembangan pembelajaran yang terdiri dari: Academic Excellence, Music and art, Eco attitude, dan Islamic Value serta tidak melupakan pendidikan akademis berdasarkan kurikulum lengkap dengan standar DepdikNas, serta tenaga edukatif yang selalu dikembangkan, media pembelajaran yang efektif dan program-program ekstrakulikuler yang variatif.

Hal tersebut selaras dengan Visi dan Misi sekolah Nasional satu (Nassa School) yang ingin menjadikan sekolah terbaik dalam menghasilkan insan yang bertaqwa, berilmu, kreatif, jujur, toleran, cakap dalam memimpin dan memiliki kemampuan hidup sesuai dengan zamannya. Serta mengantarkan siswa dalam suasana belajar yang kondusif untuk mencapai kemajuan, membimbing siswa berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang tinggi, mempersipakan siswa sebagai manusia yang mandiri dan optimistik sesuai dengan zamannya. Memberikan pengalaman kepada siswa untuk berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik, baik tingkat nasional atau internasional.

Oleh karena itu saat ini ketepatan pemilihan sekolah sangatlah penting guna terciptanya generasi penerus bangsa yang terlahir sebagai pribadi yang baik, memiliki potensi , bertaqwa, jujur, mandiri dan bertanggung jawab agar dapat menjalankan kehidupannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *